Hallomuslim.com –┬áKesepakatan gencatan senjata antara Turki dan Suriah telah menemui kesepakatan. Hal ini seperti yang dikatakan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (29/12).

Menurut Putin, Rusia dan Turki akan menjamin gencatan senjata yang mulai berlaku tengah malam nanti. Selanjutnya akan digelar pembicaraan damai antara pihak Pemerintah Suriah dan oposisi di Kazakhstan. Belum ada tanggal pasti kapan pertemuan itu dilaksanakan.

Dikutip dari SANA, Militer Suriah sudah menyetujui gencatan senjata yang berlaku di seluruh negeri itu. Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu juga menegaskan, bahwa gencatan senjata tersebut meliputi 62 ribu petempur oposisi di seluruh Suriah. Militer Rusia telah membentuk hotline bersama Turki untuk memantau.

SANA mengatakan, gencatan ini memberi jalan menghidupkan kembali negosiasi untuk mengakhiri konflik. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, Presiden terpilih AS Donald Trump menyambut baik proses perdamaian ini begitu ia menjabat.Rusia merupakan sekutu kunci Assad, sedangkan Turki adalah salah satu pendukung utama oposisi.

LEAVE A REPLY