Hallo Muslim

Hallomuslim.com – Layaknya seperti gadget lainnya, kamera dengan standar Single Lens Reflex atau yang akrab disebut kamera SLR ini sudah semakin banyak digandrungi oleh kebanyakan orang. Dan kini keberadaan dari kamera setingkat SLR tersebut sudah bukan menjadi milik dari dunia professional saja. Melainkan sudah mengambah ke berbagai macam kalangan, baik hanya untuk memenuhi keperluan hobi ataupun hanya sekedar penunjang gaya hidup semata.

Perkembangan dunia fotografi yang kian marak inilah menjadi lahan yang cukup empuk bagi beberapa usaha turunannya. Seperti halnya peluang pembuatan tas kamera, berbeda dengan tas biasa, tas kamera diciptakan dengan desain khusus untuk penyimpanan kamera dan lensa supaya aman dari terjadinya benturan.

Adalah Tomy Natalia Christianto, salah satu pelaku usaha tas kamera yang terbilang sukses memanfaatkan peluang tersebut. Menurutnya, banderol harga tas yang cukup murah dan kualitas tas yang tidak kalah dengan produk tas impor, membuat bisnis tas kamera yang ditekuninya ini terus dibanjiri pesanan. Pria yang sering disapa Tomi ini juga mengaku, selama 3 tahun menjalani usaha tas kamera, ia sudah merasakan keuntungan yang cukup besar, bahkan usahanya ini terus mengalammi peningkatan yang signifikan.

Bisnis aksesoris fotografi peluangnya sangat bagus, komunitas pengguna kamera yang semakin bertambah membuat bisnis ini tidak akan pernah kehabisan pelanggan. Setali dengan itu, maka bisnis aksesoris seperti tas kamera ini cukup bertahan lama, bahkan cenderung meningkat. Apalagi dengan harga kamera SLR yang semakin dapat dijangkau.

Untuk tetap bisa bertahan ditengah ketatnya persaingan, maka diperlukan inovasi dan kreatifitas model yang secara terus menerus. Seperti halnya yang dilakukan Tomi, ia membuat kreasi tas kamera yang waterproff alias anti-air. Selain itu, Tomi juga mendesain tas ransel yang multi fungsi, yakni satu tas bisa untuk menyimpan kamera-lensa, kemudian tempat untuk Laptop hingga 15”, untuk pakaian, bullpen, buku serta untuk barang perlengkapan lainnya.

"Selain menggunakan kain corduroy dan nilon yang akan membuat tas kuat serta awet, saya melapisi bagian dalam tas dengan bahan beludru yang lembut dan busa setebal 10 mm hingga 12 mm," terang pria kelahiran Pati Jawa Tengah.

Saat ini ada berbagai macam produk tas Kamera, diantaranya adalah, tas ransel yang dilengkapi tempat laptop, tas slempang, tas backpack dilengkapi dengan tempat laptop dan space ruang untuk baju dan barang lainnya, tas slempang kotak, tas slempang kecil, tas slempang lensa, tas tripod, tas slempang bludru, tas slempang yang dilengkapi untuk tempat pinggang, tas kamera pinggang dan juga kaos fotografi. Dari beberapa jenis produk yang ada, tas ransel backpack yang terbilang paling laku dipasaran.

Bagi pemula, bisa menggunakan sistem pemasaran secara online, bisa memanfaatkan situs-situs jual beli online yang ada, atau juga bisa membangun situs jual beli online sendiri yang  berbayar. Pasalnya, dengan pemasaran online, maka bisa memangkas biaya untuk display atapun sewa tempat. Selain itu, bisa juga dengan mengikuti event pameran gadget ataupun pameran produk kreatif.

Cara efektif lainnya dengan menyebar kartu nama dan brosur, atau ikut menggaet berbagai macam komunitas fotografi. Untuk memenangkan pasar, usahakan mengutamakan kualitas, servis yang bagus juga sangat diperlukan untuk menarik minat pembeli, misalnya dengan memberi atau melengkapi produk dengan garansi. Baik garansi replace ataupun garansi servis.

Kendati demikian masalah produksi juga terkadang menjadi kendala tersendiri, minimnya tenaga ahli  membuat kapasitas produksi tidak dapat mencukupi kebutuhan permintaan. Dalam hal ini, Tomi selalu inten memberikan pendidikan terhadap beberapa karyawan yang baru masuk. Adapun sistem gaji yang dibayarkan adalah dengan menggunakan sistem bulanan. Usaha sejenis ini bisa mendatangkan keuntungkan yang cukup menggiurkan, yakni bisa mencapai 50% dari omset yang didapat. (sdw/hlm)

LEAVE A REPLY