Istimewa

Hallomuslim.com – Bisnis fashion merupakan salah satu bisnis yang peluang pasarnya masih terbuka lebar, apalagi dengan adanya momen Pemilu maupun Pilkada, membuat berbagai produk fashion diminati. Seperti halnya jelang momen Pemilu 2014 yang kian dekat, kondisi ini membuka peluang usaha besar bagi para pelaku usaha khususnya konveksi. Bila Anda tertarik menjalankan usaha fashion untuk keperluan kampanye partai politik seperti kemeja, jaket partai, topi dan lainnya untuk kalangan politikus, berikut beberapa tips untuk Anda. 

Persiapan Usaha. Bagi pemula yang ingin menjalankan bisnis produk fashion untuk kebutuhan atribut kapmanye partai, sebaiknya memerhatikan beberapa hal, pertama lihat tren yang sedang naik daun di pasaran dengan melakukan survey di sentra-sentra pembuatan produk fashion untuk partai seperti Proyek Senen Jakarta Pusat.

Berikutnya bagi para pemula yang memiliki budget pas-pasan, agar budget yang dimiliki cukup untuk menjalankan usaha gunakanlah jasa makloon sehingga tak perlu membeli mesin jahit dan segala bentuk perlengkapannya karena sudah disediakan pihak makloon. Tetapkan segmen pasar yang ingin disasar, jika segmen konsumen kalangan Caleg yang berkantong tebal maka produk yang dibuat bisa menggunakan bahan kualitas nomor satu. Hal ini penting diperhatikan karena jangan sampai bahan baku yang sudah dibeli tak jadi terpakai karena Caleg memesan produk dengan bahan yang lebih murah atau sebaliknya.

Harga Jual dan Biaya Operasional. Beragam jenis fashion untuk keperluan kampanye Caleg partai politik sebaiknya memiliki kisaran harga yang terjangkau. Penentuan harga jual bisa diperhitungkan dari beberapa aspek, antara lain yang paling utama ialah bahan baku yang digunakan dan banyaknya bahan baku yang gagal terpakai, corak model bordir atau sablon, biaya transportasi dan terakhir adalah ongkos maklon jika Anda memakai jasa pengrajin. Jika semua aspek tersebut diperhitungkan maka keuntungan dalam jumlah maksimal akan mudah dicapai.

Pemilihan lokasi tempat usaha juga turut diperhatikan, bagi Anda yang berdomisili di Jabodetabek tak ada salahnya membuka usaha ini dengan mengontrak sebuah kios di Proyek Senen karena merupakan sentra dari usaha penjualan produk-produk untuk keperluan kampanye partai politik yang didatangi konsumen dari kalangan partai politik di berbagai daerah hingga luar pulau Jawa. Bagi Anda yang berada di daerah lain juga bisa memilih lokasi usaha di  ruko-ruko strategis atau pusat kulakan  produk fashion dan mendisplay produk fashion untuk atribut kampanye partai maupun untuk kebutuhan promosi perusahaan,  universitas dan lembaga pemerintahan.    

Sistem pembayaran yang diterapkan agar konsumen tetap loyal ialah membayar DP setidaknya 40%-50% dan bisa dilunasi setelah produk diterima oleh konsumen. Dalam menjalin kerjasama  dengan mitra bisnis dalam hal ini pemesan, kepercayaan sangat diutamakan karena merupakan modal awal untuk menggaet konsumen yang lebih luas.

Strategi lain untuk menekan biaya operasional agar tak membengkak tiap bulan, dengan cara mendisiplinkan karyawan di bagian produksi. Kecepatan, kecermatan mengolah bahan dan ketepatan waktu produksi harus diutamakan agar tak memakan waktu lama yang bisa menjadi hitungan kerja lembur dan memakan biaya tambahan untuk kompensasi karyawan. Berikutnya perhatikan bahan baku yang dibeli atau yang sedang akan masuk ke tahap produksi. Periksa ulang bahan, mulai dari kualitas, ukuran dan jenis bahan, lalu timbang sebelum diproduksi. Usahakan bahan yang sudah ditimbang dan diukur sesuai dengan produk yang dihasilkan.

Cara Membuat Kemeja Partai. Ketika membuat kemeja maupun jaket softball partai sebaiknya perhatikan bahan yang digunakan.  Misalnya bahan drill atau katun yang memiliki harga terjangkau. Selain itu peralatan yang digunakan tak beda halnya dengan menjahit pakaian pada umumnya. Peralatan antara lain meliputi mesin obras dan mesin jahit untuk merangkai bahan sesuai pola. Satu buah kemeja atau jaket softball sedikitnya membutuhkan bahan antara 1,5 meter sampai 2 meter bahan tergantung size. Berikut beberapa tahapan untuk membuat kemeja partai:

  1. Tahap pertama buat desain terlebih dahulu sesuai dengan keinginan, perhatikan tata letak logo partai dan sesuaikan bordiran dengan warna kemeja.

  2. Siapkan bahan, rentangkan di atas meja pola. Letakkan pola di atas bahan yang sudah direntangkan. Potong bahan secara perlahan mengikuti alur pola yang sudah dibentuk.

  3. Setelah bahan terpotong, satukan per bagian bahan dengan cara dijahit satu sama lain hingga terbentuk sebuah kemeja.

  4. Tambahkan kancing kemeja, sebaiknya menggunakan kancing dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Jahit secara kuat untuk menghindari kerusakan atau kancing lepas.

  5. Tambahkan logo partai di bagian yang diinginkan dengan cara dijahit. Agar hasil lebih bagus buat logo partai dengan cara dibordir.

  6. Lakukan pengecekan ulang dengan cara periksa kembali hasil jahitan. Bersihkan dari setiap benang yang menjulur. Perhatikan setiap kancing yang terpasang, pastikan tak ada yang tidak terpasang.

  7. Terakhir masuk ke tahap pengemasan lalu kemeja partai siap untuk dikirim ke pemesan.   

 

 

LEAVE A REPLY