Gambar Ilustrasi

Hallomuslim.com – Maraknya perampokan yang terjadi di tanah air khususnya di kota besar seperti Jakarta akan menimbulkan trauma tertentu bagi sebagian kita. Ada yang mulai cemas jika kejadian tersebut kembali terulang dan menimpa keluarga lain. Rasa cemas ini pun membuat sebagian keluarga harus ekstra jaga malam. Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut GlamourIndoesia berikan tips aman menghindari pencurian atau perampokan.

Buat sistem keamanan rumah berlapis
Sistem keamanan yang berlapis-lapis bukan hanya menjadi cara terbaik, tetapi juga menjadi pertahanan terbaik terhadap tindakan pembobolan. Sangat mudah bagi pelaku kejahatan untuk membobol pertahanan yang hanya diamankan oleh satu lapisan. Sementara pertahanan yang dibuat secara berlapis akan memperlambat pergerakan pelaku dan juga menjadi alarm untuk mengingatkan bahwa seseorang sedang mencoba membongkar sesuatu. Waktunya akan habis hanya untuk mencoba membongkar pintu atau jendela yang dilapisi berbagai pengaman.

Kenali dari setiap tamu yang datang
Ada banyak cara yang dilakukan oleh pelaku tindak kejahatan seperti perampokan, ada yang membobol rumah, ada yang langsung memaksa masuk dengan mendobrak pintu, serta ada pula yang berpura-pura datang sebagai tamu. Untuk menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka telitilah atau kenalilah dari setiap tamu yang datang. Jika anda tidak merasa memilik janjian atau mengenali terhadap tamu yang datang sebaiknya adan tidak membukakan rumah. Namun jika terpaksa anda menerima tamu yang datang, maka persiapkanlah alat pengamanan lanjutan, seperti menyiapkan nomer penting (layanan kepolisian, nomor kemanan lingkungan, nomor keluarga terdekat lain dll).

Tidak hanya itu, anda bisa menggunakan alarm mobil sebagai tindakan darurat jika terjadi sesuatu, maka ketika ada gelagat yang mencurigakan dari tamu yang datang peganglah kunci mobil anda dan nyalakan alarm tersebut jika memang dibutuhkan. Dengan bunyi alarm tersebut, tetangga sekitar pasti akan mengecek rumah anda.

Pasang jebakan di sekitar rumah
Mengunci rumah rapat-rapat tidak akan cukup. Pengawasan di luar di sekitar rumah juga sangat penting. Karena seorang pencuri tidak akan peduli berapa banyak kerusakan yang harus dibuat agar bisa masuk ke dalam rumah. Kusen pintu yang terbuat dari kayu pinus akan sangat mudah hancur dengan sekali tendang. Atau jendela kaca sangat mudah menjadi jalan masuk bagi si pencuri. Atau banyak gerbang terkunci rapat justru bisa dilalui. Untuk itu penting sekali memasang jebakan di sekitar pintu masuk. Misalnya, dengan memasang paku runcing di sekitar tembok rumah atau memasang kawat pembatas yang akan membuat pencuri kesulitan masuk.

Biasakan mengecek sekitar rumah
Mengecek sekitar rumah sangat penting guna meminimalisir celah bagi si pencuri untuk masuk ke dalam rumah. Untuk itu sangat perlu memperhatikan beberapa hal, yakni Pastikan pintu dan jendela terkunci dan sistem alarm aktif, Hindari memberikan informasi kepada orang yang tidak dikenal dan mengumbar kegiatan pribadi di sosial media atau kepada public, Segera beritahukan polisi apabila bertemu dengan orang asing di sekitar rumah, Jangan menempatkan kunci rumah di gantungna kunci atau meninggalkan kunci rumah di mobil saat parkir atau kerja, Jangan sembunyikan kunci di tempat rahasia di sekitar rumah.

Jadilah tetangga yang baik
Menjadi tetangga yang baik memiliki banyak keuntungan loh! Salah satunya bisa saling menjaga. Mereka bisa diminta tolong untuk mengawasi rumah saat harus pergi ke luar kota. Kenali semua tetangga yang dekat, Undang mereka ke rumah dan bangun kepercayaan satu sama lain, Sepakati untuk saling menjaga satu sama lain, Ijinkan tetangga sekali-kali memarkirkan mobilnya di halaman Anda (jika benar-benar sangat diperlukan), Sering-sering berbagi

Buat rumah seolah dihuni oleh seseorang
Anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama? Jika ya, sebelum berangkat pastikan untuk berakting dengan berpura-pura menyampaikan selamat tinggal kepada seseorang di rumah. Hal ini bisa membuat seseorang yang melihat Anda pergi akan percaya dan berpikir bahwa rumah memang tidak kosong.

Jika Anda sudah melakukan semua tips di atas dan tetap saja merasa cemas, itu artinya Anda memerlukan pertolongan dan perlindungan Tuhan atas hidup Anda. Doakan dan serahkan rumah Anda kepada Tuhan lewat doa dan percalayah bahwa Dia melindungi Anda dari segala hal yang tidak baik.

LEAVE A REPLY