Istimewa

Hallomuslim.com – Ternyata anjuran Rasullah melarang meniup minuman yang masih panas bukan tanpa alasan, dalam hadits yang dikatakan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma "'Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang bernafas di dalam gelas atau meniup isi gelas'. (HR. Ahmad 1907, Turmudzi 1888, dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth), selain itu ada pula hadits dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallah ‘anhu " bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk meniup di dalam air minum.” (HR. al-Tirmidzi no. 1887 dan beliau menyahihkannya)

Sementara, secara ilmiah, ternyata meniup minuman air yang hendak diminum sangat tidak dianjurkan. Karena meniup air yang hendak diminum dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti dikutip dari Wikihow, ilmu pengetahuan menunjukkan, meniup sama saja dengan menghembuskan CO2 ke dalam segelas air. Hal ini membuatnya bereaksi dan membentuk asam karbonat yang dapat menyebabkan perubahan pH di dalam tubuh. Dalam kondisi yang lebih buruk, bisa menyebabkan asidosis, suatu kondisi di mana darah terlalu banyak mengandung asam. Hal ini juga sering menyebabkan penurunan pH darah. Berikut adalah dampak buruk meniup minuman panas bagi kesehatan tubuh :

Bahaya asam karbonat
Fakta ilmiah pertama, bahwa bertemunya H2O (air dalam gelas) dengan karbondioksia atau CO2 (udara yang kita tiupkan melalui mulut) akan menghasilkan asam karbonat atau H2CO3. Nah jika senyawa kimia ini masuk ke dalam perut kita bisa menyebabkan penyakit jantung.

Partikel berbahaya
Di dalam mulut kita terdapat partikel berbahaya. Apakah itu? Sisa-sisa makanan dalam mulut akan membusuk sehingga menyebabkan bau mulut tidak sedap. Bau ini apabila ditiupkan dalam air panas yang akan kita minum, maka akan menempel dan sangat tidak baik jika kita minum lagi.

Mikro organisme
Selain itu, di dalam mulut terdapat mikro organisme tak kasat mata yang bersifat mutualisme (baik) dan juga ada yang patologi (buruk). Maka, makhluk kecil tak kasat mata dalam mulut akan menempel pada makanan panas apabila kita tiup dan kemudian masuk ke dalam perut. Bukankah ini berbahaya?

Untuk itu sebaiknya anda lebih bersabar menunggu sejenak minuman yang masih terlalu panas, agar minuman yang masuk tetap menjadi minuman yang aman dan sehat bagi tubuh kita.

 

LEAVE A REPLY