Istimewa

Hallomuslim.com – Kekalahan Timnas Indonesia atas Thailand pada fase group A harus jadi pelajaran penting bagi Alfred Riedl dalam pertandingan laga final Lef pertama malam nanti Rabu, 14/12 di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. “Indonesia harus bangkit dan jangan melihat kekalahan sebelumnya di fase grup, tetapi harus memperbaiki kesalahan sewaktu kita dibekuk Thailand 4-2 di Filipina,” ujar suporter timnas Indonesia, Luthfan, di Jakarta, Rabu (14/12).

Menurut Luthfan, timnas harus mengandalkan kecepatan pemain dalam membongkar pertahanan Thailand. Alasannya, Indonesia memiliki pemain dengan potensi kecepatan, seperti Andik Vermansah dan Rizky Pora. Indonesia juga harus berani tampil melakukan serangan tetapi juga harus memperhatikan pertahanan. Kuncinya tetap tenang, tidak mudah kehilangan bola, dan segera melakukan serangan balik.

Boleh dikatakan lolosnya Indonesia ke partai final AFF 2016 ini adalah sebuah keberuntungan, pasalnya pada laga pertama fase group Tim Garuda takluk 4-2 atas Thailand, kemudian pada laga kedua melawan Filiphina berakhir imbang dengan skore 2-2, pertandingan group terakhir Indonesia menang tipis atas Singapura dengan skore 2-1. Kekalahan Filiphina saat berhadapan dengan Thailand inilah membuat Indonesia berhasil melenggang ke babak Semi Final.   

Abdi mengungkapkan, Indonesia harus memperbaiki lini pertahanan agar tidak terjadi salah komunikasi antarpemain seperti pada fase grup melawan Thailand. Kapten timnas, Boaz Solossa juga diminta memberikan arahan kepada rekannya agar tetap konsisten selama 90 menit. “Boaz dan Lilipaly sangat konsisten dalam lima pertandingan sebelumnya dan selalu memberi kontribusi yang dapat membawa Indonesia hingga final," ujar suporter timnas Indonesia lainnya, Bobi.

Dari riwayat pertemuan yang dilakoni kedua tim, Indonesia hanya berhasil memenangkan satu kali dari delapan pertandingan terakhir. “Mereka tim yang solid dan terstruktur dalam menyerang maupun bertahan, tetapi kita (suporter Indonesia) jangan berkecil hati, dan harus tetap optimistis memetik kemenangan pada leg pertama Final AFF yang akan berlangsung di Pakansari, Cibinong," ujar suporter lainnya, Abdi.

Sumber : Antara

LEAVE A REPLY