Hallomuslim.com –¬†Ada banyak cara yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dalam menghadapi libur panjang. Ada yang memilih berlibur dibeberapa tempat wisata, ada juga yang pergi ketempat saudara diluar kota, ada pula yang hanya menghasbiskan liburan dirumah.

Namun pemandangan lain terjadi di SMA Negeri 1 Tasikmalaya, dalam rangka menyambut Libur panjang sekolah ini justru pihak sekolah menitipkan anak didik terbaiknya untuk mondok di Pesasantren Al-Hikmah Mugarsari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Hal ini dilakukan agar para siswa bisa mendapatkan pendidikan tambahan dalam ilmu agama serta pemahaman kebangsaan.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 H Tatang TS menyerahkan para siswanya kepada Pengelola Pesantren Al-Hikmah H Ricky Assegaf, Ahad (25/12). H. Ricky Assegaf. H Ricky adalah Ketua GP Ansor Kota Tasikmalaya.

Menurut Tatang, mondok di pesantren adalah program untuk mengisi libur sekolah. Sebanyak 26 siswa dari kelas cerdas istimewa yang memiliki IQ di atas 140 dititipkan langsung ke pesantren.

“Dan kami pilih Pesantren Al-Hikmah, selain karena metode pembelajarannya yang memasukan cinta tanah air serta kebangsaan, juga kenal dekat dengan pengelola yakni Ketua Ansor,” kata Tatang.

Ia mengatakan, kecerdasan intelektual 26 siswa SMAN 1 harus diimbangi dengan spiritual juga sehingga ketakziman dan kekhidmatan siswa atau santri terhadap guru akan tumbuh di sekolah.

Pengasuh Pesantren Al-Hikmah H Ricky Assegaf menyatakan apresiasi atas program liburan sekolah 26 siswa SMAN 1 ini. Dipesantren para siswa akan dikenalkan pola hidup dan juga tradisi ala pesantren, termasuk dengan kurikulum pengajian dan metode pembelajaran pesantren.

“Misal sorogan. Satu per satu siswa digurui langsung oleh guru sehingga tahu perkembangannya dalam memahami materi pengajian,” ujarnya. Sebelum subuh siswa harus bangun, mandi, membersihkan kamar, dan shalat berjamaah

Sumber : nu.or.id

LEAVE A REPLY