Khilda Thalib, Marketing Manager Aljazeeraah.

Hallomuslim.com – Bagi anda yang ingin menikmati citarasa kuliner yang berbeda dari biasanya, Al-Jazeerah Resto mungkin menjadi salah satu pilihan pas untuk destinasi kuliner di hari libur anda

Restoran dengan menu sajian khas Timur Tengah khususnya Arab ini menjadi favorit kebanyakan pengunjung asal Timur Tengah yang sedang berkunjung ke Jakarta. Restoran ini menjadi salah satu destinasi orang Arab atau Timur Tengah yang ingin menyantap sajian Timur Tengah yang kaya akan rasa rempah, apalagi disajikannya dengan bumbu-bumbu khas Arabian.

Jika Anda tengah mengunjungi sekitar kawasan kawasan cipinang kampung melayu, Jakarta Timur, jangan lewatkan kesempatan untuk mendatangi salah satu restoran dengan sajian menu khas Negara Arab restoran Al-Jazeerah.

Restoran Aljazeraah ini tepatnya berada di Rumah Polonia di jalan Cipinang Cempedak 1 /29 Cipinang, Jakarta Timur.  Restoran tersebut merupakan cabang pertama dari restoran Aljazeerah yang ada di jalan Raden Saleh No. 54 Cikini, Jakarta Pusat.

“restoran Aljazeerah hanya memiliki dua cabang saja, yakni di Cikini dan di rumah Polonia Cipinang Cempedak, selain itu bukanlah cabang dari restoran kami, selain yang dua cabang tadi, kami tidak menjamin kemurnian dari citarasa original restoran Aljazeerah,” ungkap Khilda Thalib, Marketing Manager Aljazeeraah.

Nuansa Restoran

Memasuki Al-Jazeerah, Anda akan merasakan suasana yang homey dengan interior bernuansa Arabian. Kuliner khas Arab di resto ini berpadu dengan atmosfer padang pasir yang sangat kental. Desain interior resto dan café membuat Anda seperti sedang berada di negeri Arab. Apalagi ditambah dengan musik irama padang pasirnya.

Khilda Thalib, selaku Marketing Manager Aljazeeraah mengatakan, restoran ini mengusung konsep rumahan di Arab. Pengunjung  yang memasuki restoran akan terasa hangat dan juga homey. Kenyamanan di dalam restoran dan kehangatannya pun terasa ketika banyak orang Timur Tengah yang tengah menyantap hidangan di sini.

Disamping dari interior ruangan yang membuat nyaman, chef -nya pun juga langsung didatangkan dari india yang sudah berpengalaman dibidangnya. Pastinya citarasa menu yang disajikan benar-benar otentik seperti di negeri asalnya.

Langganan Artis, Pejabat, Duta Besar Hingga Istana Presiden

Restoran ini tak hanya banyak dikunjungi warga Timur Tengah yang datang ke Jakarta saja, namun sederet artis tanah air seperti Ayu Azhari, Dorce Gamalama, Ridho Rhoma, Mansyur S, Nabila Syakieb, Ferry Maryadi, Paramitha Rusady, Sarah Azhari juga pernah mencicipi menu restoran dan cafe yang berada di Jalan Cipinang Cempedak I/29 Cipinang Jakarta Timur ini.

Selain artis, expatriate seperti orang Eropa, Korea dan Amerika juga sering berkunjung di Aljazeerah. “Bahkan kita juga sering kedatangan dari Duta Besar dan beberapa tamu-tamu negara seperti penjaga Makam Nabi Muhammad Saw, kita juga sering menjadi langganan catering perjamuan di Istana Negara,” papar Khilda.

Selain orang-orang penting, restoran Aljazeerah ini juga menjadi tempat pilihan kuliner anak-anak muda, dari mulai anak jendral, anak menteri hingga para mahasiswa.

Menu Autentik Arab

Sajian menu restoran  Al Jazeerah menurut Khaida sangat otentik, apalagi bahan baku serta bumbu diimpor langsung dari Arab, kecuali daging kambing dan ayam, Istimewanya, daging kambing dan ayam pun merupakan hasil ternak sendiri dari pihak Al Jazeerah, dan induk kambingnya pun berasal dari negara Arab.

“Kami ngga mau mengecewakan pelanggan kami baik Indonesia ataupun orang Timur Tengah, oleh karenanya semua bahan baku dan bumbu dasar diimpor dari Arab langsung,” terang Khilda.

Tak hanya itu, untuk menjaga citarasa berbagai menu di Al Jazeerah, chef – nya pun merupakan orang Arab asli, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan cita rasa kuliner Arab yang ditawarkan.

 Menu-Menu Arabian

Sajian kuliner di sini tak kalah seru, menu-menu Arab seperti Sambusak Lamb, Sambusak Chicken, Kaware Soup, Hummos, Mutabbal dan masih banyak lagi menu Arabian yang bakal menggoda selera.

Namun, ada beberapa menu yang menjadi favorit, salah satunya Mandi Lahm. Menu ini menyajikan nasi panggang yang dimasak dengan cara dikukus dilengkapi daging kambing cincang. Ketika mengunyah sesendok nasi panggang bercampur daging kambing cincang terasa gurih dan empuknya daging kambing tanpa tercium aroma amis kambing. Apalagi kambingnya asli dari Arab dengan aroma khas Timur Tengah, dijamin Anda akan ketagihan dengan menu yang satu ini.

Menu lainnya yang menjadi favorit adalah Sambusak Lahm, menu ini terdiri dari potongan iga kambing yang disantap bersama nasi gandum. Warna nasi gandum kuning seperti nasi kuning, namun rasanya berbeda dengan nasi kuning, karena ada tambahan saus yang khas banget .  Iga kambingnya terasa empuk  saat dikunyah, apalagi berbaur dengan gurihnya nasi gandum dan pedasnya saus.

Selain itu ada mixed grilled Al-Jazeerah yang terdiri dari Shish Kebab Ayam, Towouk Shish, Kambing Cincang, Udang, Kebab Kofle, Hati Kambing yang disajikan dengan kentang dan salad roti. Rasanya sungguh sempurna bagi Anda pecinta daging kambing, pastinya ini adalah menu yang tepat untuk Anda cicipi.

Jika Anda masih belum puas dengan menu ini, masih ada menu dessert yang tak kalah seru, seperti Omali. Dessert yang satu ini berupa roti yang dijadikan seperti puding dan diberi tambahan kayu manis. Pas banget untuk dijadikan hidangan penutup mulut Anda, setelah menyantap menu utama.

Untuk minuman, resto Al-Jazeerah juga menawarkan minuman khas Timur Tengah, misalnya saja Arabic Tea. Teh ini diimpor langsung dari Arab dengan cita rasa yang khas. Apalagi jika Anda menyeruput Arabian Coffee, dengan kopi yang disuguhkan dalam gelas sloki kecil. Biji kopinya diimpor langsung dari Arab.

Ketika menyeruput hangatnya Arabian Coffee  terasa harumnya kopi dengan aroma kopi yang kuat. Kopi khas Arab merupakan campuran kopi Arabika dengan aneka rempah – rempah Khas Arab. Di antaranya jahe, kayu manis, kapulaga, daun jeruk wangi, cengkeh, dan daun pandan.

Masih banyak beberapa menu pilihan yang juga sangat recommended , selain menu-menu yang sudah disebutkan di atas. Ada lagi menu lainnya seperti Idam Musyaki, Hawashi Egyptian, Full Maddamas, Lahm Chop, Nasi Briyani, Rice Kabsah Lahm, dan Matchi Kitchen. Selain itu ada Moroco Coffe, Tea, Turkey Coffee, Kurma Coffee, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau, untuk menu makanan dipatok dari Rp 47 ribu – Rp 174 ribu, sedangkan minuman dari harga Rp 13 ribu hingga Rp 88 ribu.

Polonia Hall Room

Konsep restoran dengan kombinasi Indonesia dan Timur Tengah ini memiliki bangunan yang sangat luas hingga bisa menampung ribuan pengunjung. Jika anda masih ingat dengan pilpres tahun 2014 yang lalu, tentu ingat juga dengan rumah polonia yang dijadikan sebagai central kampanye Pilpres 2014 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Ya, rumah polonia inilah yang sekarang menjadi restoran khas masakan Timur Tengah Al-Jazeerah.

Restoran Aljazeerah yang berada di rumah polonia ini pun menyediakan 7 room yang berbeda yakni Haris room untuk menampung 30 orang, Majlas Haris untuk 30 orang, kemudian Umar Room bisa menampung 40 orang ( biasa di gunakan untuk meeting dan manasik ataupun event lainnya ), Aila Bakadam Room untuk 15 orang berbentuk lesehan,

Ruangan lainnya lagi ada Thahir Room, ruangan ini kental dengan nuansa arabian dan interiornya tampak sangat mewah. Ruangan ini bisa menampung hingga 40 orang. selain Thahir Room, ruangan mewah lainnya ada Abdul aziz room berkapasitas 40 orang dan Turki room dengan kapasitas 6 orang.

“Selain ruangan indoor, di resto Aljazeeraah ini juga menyediakan ruangan outdoor yang nyaman dan homey. Fasilitas untuk setiap vip room kami dilengkapi dengan TV LED, AC dan kamar mandi dalam,” kata Khilda.

Cikini Aljazeerah Room

Adapun untuk restoran induk yang terletak di jalan Raden Saleh No. 54 Cikini juga memberikan nuansa klasik khas ala timur tengah. Di dalam restoran terbagi menjadi empat bagian yang masing-masing dibagi lagi menjadi 7 ruangan. Suasana homey terasa seperti di ruangan tengah. Cahaya redup dan juga cat dinding berwarna putih membuat ruangan tengah ini begitu hangat dan juga ramah.

Beralih ke ruangan VIP, di sini dapat mencakup 10-15 orang untuk memanjakan pelanggan yang ingin mengadakan family gatering, ataupun sekadar meeting. Di ruangan VIP ini disediakan meja panjang untuk memfasilitasi pelanggan. Di sini juga ada TV plasma yang membuat Anda akan terasa seperti di rumah.

Jika Anda melihat ke ruangan Ayla Room, ruangan ini dikhususkan untuk pelanggan yang menggunakan cadar sehingga memudahkan pelanggan untuk menyantap hidangan. Di dalam ruangan ini setiap meja disekat dan diberikan gorden sehingga Ruangan Ayla room dapat menampung 10 keluarga yang ingin bersantap di dalamnya.

Bagi Anda yang juga ingin menikmati shisha Arab,  juga disediakan ruangan untuk smoking area. Di ruangan smoking area, ruangan didominasi dengan lampu biru redup yang membuat Anda akan semakin nikmat bersantai di sini. Anda juga tak perlu khawatir dengan fasilitas wi-fi,  dengan akses internet super cepat.

Menurut Khilda, perbedaan dari restoran utama yang ada di Cikini dan cabang yang ada di rumah polonia cipinang cepedak 1 ini adalah dari segi hall untuk event acara.

“kalau di rumah polonia karena tempatnya luas disediakan hall untuk event-event acara seperti wedding, ulang tahun, meeting dll. Tempat parkirnya pun sangat luas bisa menampung hingga ratusan mobil,” tambahnya.

LEAVE A REPLY