Hallomuslim.com – Bisnis aksesoris punya pasar yang sangat besar karena hampir semua orang memakai aksesoris agar dapat tampil lebih menarik dan percaya diri. Jadi dapat dipastikan bahwa bisnis ini memiliki prospek yang cukup bagus. Apalagi bila aksesorisĀ  yang di jual berhubungan dengan jilbab yang saat ini sedang trand di pasaran.

Hanya saja karena banyak pemain yang memiliki bisnis ini, maka diperlukan usaha yang keras agar dapat tetap eksis dalam kompetisi pasar serta mampu menghasilkan keuntungan/profit. Pengusaha yang kreatif dan ulet tentunya akan tetap eksis dan mampu mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba agar bisnis aksesoris busana muslim yang ada jalankan bisa lebih berkembang.

Product Knowledge (Pengetahuan Produk)

Penjual yang bertemu langsung dengan pembeli harus memiliki product knowledge/pengetahuan tentang produk yang dijual yang sangat baik. Tanpa memiliki informasi yang cukup tentang sebuah produk maka penjual tidak akan mampu menjelaskan produk dengan benar. Ini berarti penjual tidak akan mampu mempengaruhi calon pembeli untuk membeli produk.

Jika kepercayaan calon pembeli rendah terhadap penjual maka makin kecil kemungkinannya untuk membeli. Namun sebaliknya jika calon pembeli percaya kepada penjual (karena penjelasannya dan kemampuannya untuk mempengaruhi), maka makin besar peluangnya untuk membeli. Jadi tim penjualan Anda harus benar-benar di latih agar memahami tentang kelebihan seputar produk yang di jual sehingga ketika menghadapi konsumen mereka dapa dengan lancar menerangkan tentang produk yang mereka tawarkan.

Tampilan Produk yang Menarik

Rancang display/tampilan yang menarik agar setiap orang yang lewat melirik dan tertarik untuk mendekat. Selanjutnya, penjual lah yang akan sangat berperan untuk terjadinya sebuah transaksi. Anda dapat juga memasang foto orang yang sedang menggunakan aksesoris atau memakai mannequin/sejenis patung dengan atribut aksesori yang Anda jual.

Dengan demikian calon pembeli akan bisa membayangkan jika mereka memakainya. Ganti foto dan aksesoris pada mannequin secara berkala agar terlihat dinamis. Sediakan juga cermin agar calon pembeli bisa melihat secara langsung saat mencoba aksesoris yang Anda jual.

Promosi & Komunikasi

Sebaiknya Anda mengadakan promosi secara berkala agar calon pembeli lebih tertarik untuk datang dan membeli. Promosi akan mampu mendatangkan calon pembeli lebih banyak apabila dikomunikasikan dengan baik. Maksudnya, buatlah target market yang Anda tuju benar-benar tahu kalau toko/stand penjualan Anda sedang memiliki program promosi. Caranya, Anda bisa membagikan brosur atau voucher potongan harga kepada orang yang lewat atau dengan memasang spanduk/banner di lokasi strategis yang biasa dilewati oleh target market.

Service Excellence & Customer Intimacy

Sebuah bisnis yang baik ditandai dengan pembeli loyal yang banyak dan pembeli baru yang selalu ada tiap hari. Pembeli yang loyal akan terbentuk apabila Anda bisa memberikan Service Excellence (pelayanan yang sangat baik). Kedekatan penjual dan pembeli (biasanya disebut dengan istilah Customer Intimacy) akan mampu menciptakan suasana yang akrab sehingga pembeli merasa nyaman saat datang ke toko/stand penjualan Anda. Dan yang paling penting bahwa pembeli yang loyal akan memberikan cerita yang positif bagi calon pembeli lainnya. Jadi ciptakan suasana yang menyenangkan bagi calon pembeli yang datang.

LEAVE A REPLY