Antara

Hallomuslim.com – Dalam rangka memperingati Maulid kanjeng Nabi Muhammad Saw, Perdana Menteri India Narendra Modi memberi ucapan selamat, "Selamat memperingati maulid Nabi Besar Muhammad SAW kepada masyarakat di Indonesia,".

Ucapan tersebut disampaikan oleh PM Modi dalam bahasa Indonesia sebelum mengakhiri pernyataan pers bersama setelah pertemuan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Mughal Room Lantai 1, Hyderabad House, New Delhi, Senin (12/12).

"To all our friends in Indonesia, selamat memperingati hari raya Maulid Nabi Muhammad," kata Modi.

Perdana Menteri Modi menganggap Indonesia sebagai negara Muslim paling besar di dunia dan tetap mampu menjadi negara yang harmoni meskipun beragam dan plural. Ia menambahkan bahwa selama ini India selalu menganggap Indonesia sebagai mitra yang strategis dan berharga bagi negara tersebut.

Menurutnya, kedua negara memiliki hubungan sejarah yang kuat serta akan menjadi sesuatu yang lebih besar dan menjadi momentum ke depan untuk meningkatkan kemitraan strategis.

"Kemitraan yang akan kami jalin ini meliputi upaya membangun perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan di wilayah Indopasifik, Indonesia adalah mitra yang sangat berharga, negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara," jelas Perdana Menteri Modi.

Dalam pertemuan bilateral juga dibicarakan berbagai rencana dan kesepakatan kerja sama mencakup banyak bidang termasuk penanganan terorisme, kejahatan terorganisasi, dan perdagangan manusia.

Kerja sama ini juga akan diperkuat dalam bidang farmasi, IT, otomotif, perangkat lunak, hingga sepakat untuk menerapkan pakta perdagangan bebas India-ASEAN.

Sumber : Antara

LEAVE A REPLY