Istimewa

Hallomuslim.com – Kepedulian terhadap nasib yang menimpa kaum Muslim Rohingya di Myanmar, pemerintah Indonesia siap untuk menyalurkan bantuan.

Melalui Kementrian Sosial (Kemensos), bantuan tersebut akan dikordinasikan pada pihak kementrian terkait.

Adapun untuk prosesnya sendiri, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, masih menunggu instruksi dari Kementrian Luar Negeri (Kemenlu)

"Kapan pun kami tentu siap jika diminta menyalurkan bantuan untuk Rohingnya, kami sangat mendukung usulan pemerintah memberi bantuan untuk Muslim Rohingya di Myanmar," ujar Khofifah di Aceh, Jumat (9/12).

Lebih lanjut lagi Khofifah mengatakan, pemerintah masih memiliki kemampuan dalam memberikan bantuan bagi masyarakat di negara lain. "Energi kita sebetulnya luar biasa, utamanya untuk saling menjaga kebersamaan saling berbagi antar warga bangsa," ujar dia.

"Membantu atas dasar kemanusiaan penting untuk membangun perlindungan sosial antar warga bangsa. Maka yang kita bisa lakukan adalah mengirim bantuan, " tambah Khofifah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk muslim Rohingnya. Presiden meminta kementerian terkait untuk mempersiapkan bantuan itu.

Namun untuk saat ini pemerintah memang masih fokus pada penanganan korban gempa Aceh, baik penyaluran bantuan logistik, obat-obatan maupun bantuan psikososial

LEAVE A REPLY