Istimewa

Hallomuslim.com – Bisnis merchandise saat ini banyak mendapat tanggapan yang positif dari berbagai kalangan, terlebih pada Merchandise yang berkaitan dengan event pagelaran musik. Apalagi jikamelihat perkembangan musik ditanah air yang seperti saat ini, tentu ini menjadi lahan yang empuk bagi para pelaku bisnis untuk mengais untung dari merchandise.

Seperti yang dikatakan Muhammad Fuady pemilik dari Mbojosuvenir, Prospek bisnis atau usaha produk Merchandise ini kedepannya sangat menjanjikan dan diprediksi akan bertahan cukup lama. Kecintaan terhadap trend dan para idolanya juga membuat bisnis ini tidak akan pernah kehabisan konsumen. Kreatifitas, inovasi produk dan sentuhan berbagai design seperti motif, sablon dan bordir, inilah yang menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis merchandise tersebut. kemampuan untuk menjaring komunitas juga sangat diperlukan, agar bisnis dari merchandise ini tidak pernah ada sepinya.

Bagi para pemula menurut Fuad, sebaiknya menggunakan jasa rumah produksi atau jasa maklon, karena hal ini dapat memangkas modal hingga 70 % yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pemasaran. Pasalnya dalam bisnis, pemasaran menjadi ujung tombak keberhasilan dari bisnis tersebut, untuk mengawali pemasaran harus selalu aktif mengikuti pergerakan pasar dan usahakan jangan terlalu idealis dalam bentuk model ataupun desain, sebab ini justru menjadi boomerang terhadap produk yang akan dipasarkan.Untuk memulainya tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar, yang terpenting adalah dengan kemauan dan konsep pasar yang jelas. 

Biasanya tahapan untuk memulai usaha merchandise ini diawali dengan menentukan target market yang akan disasar, kemudian promosi dengan maksimal. Untuk proses produksi diawali dengan membuat desain, selanjutnya revisi desain, pengumpulan data-data ukuran, pola bahan, pemotongan bahan, proses jahit dan terakhir adalah finsihing.

Saatiniuntuk produk-produk merchandise sangat beragam variannya, diantaranya adalah kaos, hoodie, jaket, topi, parasut, varsity, jersey, kaos kerah, rompi, kemeja blazer, dan almamater.Kemudian adapula yang berbentuk souvenir seperti cover bag,gantungan kunci, mug, tumbler, bantal tulang, pin, sarung HP, tas punggung, ID Card, map dan masih banyak lagi. Dari beberapa jenis merchandise jaket dan kaos terbilang paling laku dipasaran, karena biasanya desain berupa jaket dan kaos yang ditawarkan hanya mengikuti event tertentu saja atau boleh dibilang “limitidedition” .

Untuk pemasaran usaha produk merchandise ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa dilakukan secara online ataupun offline. Pemasaran secara online bisa memanfaatkan situs jejaring sosial, situs jual beli gratis, dan beberapa situs website tanpa bayar. Sedangkan pemasaran secara offline bisa dilakukan dengan menjaringn berbagai macam komunitas pelajar seperti siswa dan mahasiswa, karena komunitas inilah yang dapat mempercepat laju perkembangan usaha.

Kemudian buat sistem pemasaran melalui pergerakan konsumen. Misalnya dengan memberi pelayanan yang baik terhadap para pelanggannya atau bisa dengan tidak membatasi order, dengan demikian akan terjadi sistem pergerakan yang dapat menarik para pelanggan lainnya.

Untuk cara lainnnya, bisa dengan membentuk pasar komunitas, karena cara ini sangat efektif dalam mengembangkan beberapa produk merchandise. Untuk bisa membentuk pasar, maka harus dengan jeli dalam menentukan produk yang akan dibuat, misalnya lebih kreatif, tampil beda dengan yang lainnya,atau memiliki ciri khas desain tersendiri, sehingga akan dengan mudah dikenal oleh kebanyakan orang. Waktu yang paling ramai untuk bisnis merchandise ini pada bulan menjelang akhir tahun ajaran baru dan awal ajaran baru, karena diwaktu-waktu ini biasanya banyak event musik yang diselenggarakan. Jika menghadapai waktu sepi, yang biasa dilakukan oleh fuad adalah keliling dan selalu merangkul beberapa komunitasnya. “sebenarnya bagi saya tidak ada yang namanya kata sepi, karena bagaimanapun caranya saya harus selalu berinovasi agar tidak terjadi kejenuhan dalam pasar” terangnya.

Kendala yang dihadapi adalah masalah waktu, minimnya SDM membuat beberapa pesanan harus tidak dapat selesai tepat waktu, untuk mensiatinya, mbojosovenir biasanya mengajak beberapa rekan-rekan untuk ikut meggarap pesanan yang diprediksi akan over kapasiti. (dyt/hlm)

LEAVE A REPLY