Hallomuslim

Hallomuslim.com – Kota batu yang biasa disebut sebagai De Kleine Switzerland atau Swiss kecil di pulau jawa ini memang sungguh menawan, dari mulai keindahan alam, kesejukan udara hingga beraneka ragam wahana permainan dan hiburan teramu menjadi satu dikota wisata ini. Pancaran pesona wisatanya memang membuat siapapun yang datang akan terbelalak takjub.  Tidak ketinggalan pula dengan ragam kulinernya, selain kotanya yang indah mempesona kota Batu juga menawarkan berbagai macam tempat kuliner yang asik untuk disinggahi, tidak hanya rasa yang ditawarkan, tapi juga menyuguhkan kenyamanan dalam melepas lelah anda. Penasaran bukan?langsung saja kita telusuri…

Saat anda capek keliling Kota Wisata Batu menelusuri keelokan wisatanya, anda tidak perlu susah payah mencari pusat kuliner disiang hari untuk mengisi perut yang kosong. Banyak lokasi kuliner yang siap menanti kedatangan anda. Bahkan, suasana di pusat-pusat kuliner di Kota Wisata Batu tidak hanya pas untuk mengisi perut yang kosong tetapi juga sangat cocok untuk melepas lelah. Salah satunya, di Warung Bambu yang berlokasi di Jl Raya Selecta, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji.

Di warung lesehan ini rasa lelah anda akan benar-benar hilang. Selain menyediakan menu spesial, diwarung bambu ini anda seakan menemukan kesejukan baru. Yang lain lagi dari warung ini adalah pijatan alami dari ikan-ikan koi, karena diwarung ini di dikelilingi kolam ikan yang berisi ribuan koi besar dan kecil.

Untuk bermain dengan ikan-ikan tersebut anda tinggal membeli pakan ikan yang disediakan pemilik warung dalam bungkus plastik kecil seharga Rp 1 ribu per bungkus. Julurkan kaki dikolam dan taburlah pakan tersebut disekitar kaki anda, dari sinilah anda akan merasakan sensasi pijat refleksi oleh gerakan ikan yang sedang berebut pakan.

Sembari bermain anda juga bisa memilih menu sesuai dengan selera anda, Diwarung ini banyak menawarkan aneka ragam olahan makanan dari seafood hingga ikan sungai yang masih segar. Namun yang cukup menggoda dilidah adalah udang cah sawinya, olahan makanan ini seperti masakan peranakan dari hasil perkawinan antara dua budaya masyarakat, dalam hal ini budaya masyarakat Indonesia dan Tiongho.

Hallomuslim
Hallomuslim
Bahan utama dari udang cah sawi ini adalah udang segar, sawi dan beberapa sayur pelengkap seperti bunga kol, bawang bombay dan daun seledri. Meski memakai larutan maizena untuk mendapatkan efek kental dari masakan, namun tetap tidak mengurangi rasa segar dan gurih dari kuahnya, cita rasa gurih ini berasal dari kaldu udang (seafood). Rasa tumisan juga pas, padu padan bumbu rempahnya meresap dalam masakan, sangat cocok untuk anda yang sangat menyukai masakan seafood.

Gemiricik sumber mata air yang sangat jernih dan alami menambah kenikmatan semangkuk udang cah sawi, belum lagi ditambah segelas es kelapa muda segar, membuat makan siang anda begitu indah. Untuk satu porsi udang cah sawi dan es kelapa muda ditawarkan dengan harga Rp 35 ribu.

warung bambu ini memang sudah cukup dikenal dan menjadi salah satu referensi kuliner bagi kebanyakan orang, baik warga masyarakat sekitar maupun wisatawan, bahkan ada beberapa yang datang dari kalangan artis ibu kota seperti gading martin, yuni shara, dan beberapa yang saya juga tidak tau namanya. Warung bambu ini beroparesi dari jam 08 pagi hingga jam 10 malam.

Ingin mencoba menu siang yang berbeda dikota batu? Cobalah untuk berjelajah kearah timur kota batu, disitu anda akan menemukan papa nama  yang bertuliskan warung makan bebek kuali, tepatnya berada disisi  kiri jalan Patimura sekitar 700 m kalau dari arah alun alun batu. Di warung makan tersebut anda tak perlu khawatir dengan kandungan kolestrolnya.

Pasalnya bebek tersebut di olah dengan cara di ungkep beserta bumbu rempah seperti jahe, kunyit, ketumbar, bawang putih selama kurang lebih 3-5 jam, hal ini supaya daging bebek terasa lunak dan bumbu pun lebih meresap. Tidak hanya itu yang terpenting disini adalah, agar minyak daging bebek bisa keluar maksimal. Nah, kadar minyak yang lebih sedikit dan proses masak tanpa menggunakan unsur logam, akan menghasilkan bebek rendah kolesterol.

hallomuslim

Dalam penyajiannya bebek di tuang dalam mangkuk Kuali tanah liat bersamaan  dengan kuah kaldu bebek yang sudah diberi bumbu. Kemudian untuk menimbulkan rasa segar diberi daun kemangi, perasan jeruk nipis, mentimun dan sedikit irisan cabe merah. Ketika dicoba, hemmmm…sungguh menggoda selera, rempah ungkepannya begitu terasa hingga ke bagian dalam, gurih sekaligus renyah Apalagi ditemani nasi hangat yang masih mengepul di sisinya.

Kuah bebek kuali ini juga segar menyengat, rasa pedasnya sangat terasa ditambah dengan aromanya yang wangi membuat lidah termanjakan disetiap suapannya. Bebek kuali ini juga lebih dominan pada rasa asinnya, tapi rasa asin ini justru memberikan kesan nikmat jika dikulum bersama nasi.

Sajian bebek kuali ini bisa anda nikmati dengan harga Rp 30 ribu sudah termasuk dengan nasi dan minum. warung yang buka dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam ini terlihat cukup luas, kurang lebih bisa menampung antara 50 – 70 orang dewasa.  

Hambar rasanya jika sudah sampai batu malang tanpa mencicipi bakso khasnya yang sudah go nasional. Di kota wisata batu malang ini terdapat banyak sekali kedai bakso yang tersebar di seluruh sudut kota batu, mungkin jumlahnya ada lebih dari 100, tapi yang cukup mudah untuk anda kunjungi adalah bakso arief yang letaknya pusat jantung kota di jalan panglima sudirman.

Konon bakso arief ini adalah bakso yang termasuk paling enak di Batu. Meski tempatnya terlihat sederhana, tapi bakso arief ini tidak pernah sepi pengunjung dan rata rata pelanggannya dari orang orang dinas, pegawai hingga petinggi kota batu.

hallomuslim

Bakso arief ini terlihat agak berbeda dengan bakso malang lainya, selain bakso nya yang super besar, isi sebagai teman bakso ini juga lebih bervariatif diantaranya adalah mie kuning, mie biru muda, tahu bakso, pangsit bakso, lumpia kering dengan isi bihun dan cacahan daging, kemudian juga dilengkapi dengan sayur selada dan taburan seledri. Sehingga membuat bakso tersebut lebih segar dan nikmat

memang bener dengan sebutan kata konon paling enak di kota batu malang, tapi emang benar benar enak, bumbu masak begitu meresap kedalam kuah kaldu. Baksonya sendiri juga kenyal dan sedikit ada efek kress jika digigit, butiran daging sapinya bener bener terasa, apalagi jika disetiap suapannya disertai dengan lalapan selada, pasti akan terasa lebih segar. Untuk satu porsi bakso komplit arif ini ditawarkan dengan harga Rp 15 ribu, kedai bakso yang sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu ini buka pukul 08.00 – 22.00 Wib  

LEAVE A REPLY