Neno Warisman

Hallomuslim.com –¬†Untuk pertama kalinya, Gerakan Ibu Negeri (GIN) memberikan sebuah penghargaan (Award) untuk para ayah yang disebut sebagai ayah pejuang. GIN yang digagas olej penyanyi dan bintang film era 1980-an, Neno Warisman ini berupaya mengangkat kembali peran penting ayah.

“GIN tawarkan ayah pejuang setiap tahun. Supaya ayah jadi gagah,¬† kata pejuang ini ditempelkan kepada si pemilik asli. Ayah enggak letoy, enggak putus asa, hebat dan gigih,” ujarnya pada wartawan di sela acara GIN Award di Jakarta, Jumat (20/1).

Neno juga menambahkan, biasanya yang dipuja-puja itu selalu ibu. Ibu itu sekolah pertama. Padahal dalam Alquran yang banyak disebut Allah sebagai pendidik adalah ayah. Herannya ayah sangat sedikit waktu untuk anak.

Neno mengakui di Indonesia apalagi banyak orang asing bekerja di Indonesia, ayah dan calon ayah punya tantangan besar menghidupi keluarga atau menafkahi keluarga. Tapi itu tidak bisa menghilangkan semua kebaikan yang ditanam dalam diri ayah.

“Ayah berarti dia miliki anak, artinya itu sebuah hubungan penting maka GIN mengedepankan peran keayahan ini untuk menolong bangsa Indonesia. Tanpa peran ayah negeri ini…akan penuh dengan anak laki-laki yang tidak mampu menghidupi diri sendiri dan berekspresi sebagai laki-laki,” jelasnya.

Seorang ayah yang baik menurut Neno adalah yang betul-betul membimbing anak-anaknya dengan baik. Ayah harus suka berbicara atau mengajak anaknya berbicara, merangkul, mendidik anak, tidak menyalahi, tidak mengkritisi, tidak memukul, suka bercanda, dan hangat. Neno pun mencotohkan sosok Rasulullah sebagai teladan. “Menisbatkan sikap keayahan yang diteladani rasul,” ujarnya.

Selain itu seorang ayah harus memiliki wawasan luas. Ilmu yang bisa diberikan kepada anak-anaknya. Seorang ayah juga harus menjadi ulama atau pendakwah yang mengajarkan anak-anaknya. “Setiap ayah pendakwah, tidak bisa sendiri saja, itu tidak benar. Enggak boleh,” tambahnya.

Bagi Neno seorang ayah juga harus pemberani dan berani ambil keputusan agar bisa menjadi contoh bagi anaknya. Seorang ayah yang baik juga dermawan mau berbagi, bertanggung jawab dan memiliki keimanan yang kuat.

LEAVE A REPLY