Istimewa

Hallomuslim.com – Menggunakan air hangat atau pun air dingin saat mandi sebenarnya sama memberikan manfaat bagi kesehatan. Hanya saja, untuk mendapatkan manfaat kesehatan saat mandi tentunya juga dilihat dari ketepatan waktu dalam menggunakannya.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui saat-saat yang tepat agar efek positif terhadap tubuh bisa didapat. Berikut ini adalah manfaat mandi dengan menggunakan air hangat dan juga air dingin.

Manfaat Mandi dengan menggunakan  air dingin

Menambah semangat

Ketika Anda merasa lesu, mandi dengan air dingin membuat Anda lebih bersemangat. Begitu juga dengan suasana hati Anda. Dianjurkan saat pagi hari setelah bangun tidur atau olahraga

Metabolisme akan jadi lebih baik

Sebuah studi mengatakan, mandi dengan air dingin membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Orang yang terbiasa mandi dengan air dingin juga memiliki metabolisme tubuh yang baik.

Meningkatkan imunitas

Mandi dengan air dingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Orang yang senang mandi air dingin juga memiliki kulit yang kencang juga kuat.

Manfaat mandi dengan menggunakan air hangat

Relaksasi

Mandilah air hangat ketika tubuh terasa lelah usai bekerja, atau ketika pikiran terasa penat agar tubuh terasa segar dan rileks. Mandi dengan air hangat setelah seharian beraktivitas membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Anti Inflamasi

Mandi air hangat mampu meredakan rasa nyeri karena menstruasi atau peradangan tulang. Air hangat juga berfungsi meredakan efek hidung yang terasa berat dan pusing akibat sinus.

Menyingkirkan kotoran rambut

Ketika Anda merasa rambut Anda sangat berminyak dan kotor, basuhlah kepala dengan air hangat agar kotoran terangkat. Namun, selain sampo, Anda juga disarankan memakai kondisioner agar rambut tidak kering karena uap air hangat. 

LEAVE A REPLY