Hallomuslim.com — Komisi VIII segera membentuk Panja Penyelenggaraan Ibadah Umroh dan Haji Khusus. Hal ini dinilai sebagai antisipasi adanya masalah penyelenggaraan ibadah umrah maupun haji khusus.

Pimpinan komisi VIII DPR RI Abdul Malik Haramain mengatakan setidaknya ada empat pokok pikiran dalam pembentukan Panja, pertama yaitu pelaksanaan ibadah umroh selama ini banyak masalah mulai dari rencana pemberangkatan, hingga jamaah tiba di Tanah Suci.

Kedua, Masalah-masalah yang muncul, penundaan pemberangkatan jamaah, tambahan biaya umroh dari harga yang telah ditentukan, pembatalan pemberangkatan jamaah dan dananya hilang. Ketiga, perang harga antar Penyelenggara Pemberangkatan Ibadah Umroh (PPIU) atau travel umroh seringkali tidak terkontrol, akibatnya proteksi dan perbaikan pelayanan menjadi terbengkalai. Keempat, seringkali masy (calon jamaah umroh) hanya disuguhkan promosi umroh murah yang tidak masuk akal.

Adapun target dari terbentuknya Panja antara lain, pertama, untuk membahas sistem kendali dan pengawasan PPIU /Travel-Travel oleh Kemenag RI. Menurut UU no 13/2008 tentang PIHU Kemenag berwenang memberikan ijin dan mengawasi PPIU (Penyelenggara Pemberangkatan Ibadah Umroh) atau Travel itu.

Kedua, mengevaluasi mekanisme pelaksanaan (pemberian) perpanjangan Izin PPIU (setiap 3 tahun) oleh Kemenag RI. Ketiga, evaluasi terhadap PMA no 18/2008 tentang pelaksanaan Umroh dan Haji Khusus. Termasuk kemungkinan memberikan kewenangan Audit berkala kepada Kemenag RI terhadap kinerja PPIU.

Keempat, memperjelas/mempertegas klausul perlindungan (proteksi) terhadap calon jama’ah. Selama ini selalu yang menjadi korban dari ketidakberesan kinerja PPIU adalah jamaah. Kelima, Adanya Standar Pelayanan Minimum pelaksanaan Umroh.

“Selama ini harga yg ditawarkan PPIU sering tidak memenuhi standar pelayanan yang memadai,” katanya.

keenam, perlu kebijakan bagi jamaah yang gagal berangkat. “Seringkali Jamaah yang gagal berangkat tidak mendapat kompensasi yang sepadan, bahkan dananya hilang,” kata Pimpinan Komisi VIII DPR RI, Fraksi PKB. (Usb)

LEAVE A REPLY