Hallomuslim.com — Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan memimpin langsung pemantauan terhadap pelaksanaan operasional haji tahun 1438H / 2017M. Pemantauan ini dilaksanakan secara rutin oleh itjen selaku Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Pemantauan tersebut penting dilakukan dalam rangka memastikan bahwa pelaksanaan operasional haji dilakukan sesuai ketentuan.

Nur Kholis didampingi 13 anggota tim yang terbagi dalam dua kelompok, yakni Hilmi Muhammadiyah (Sesitjen, sebagai supervisor kelompok 1) dan Mukhlis (Inspektur Wilayah III, sebagai supervisor kelompok 2), dengan masing -masing anggota dari para auditor; yakni: Suparmono, Irianto, M. Noor Khozin, Rofi Sari Dewi, Siti Nurjannah, Ade Sugianto, Badrudin, Mujib Roni, Iing Muslihin, Siti Nurlaili Hamidah, Nurul Amalaiyah dan Ali Saban.

“Memastikan pelayanan haji di Arab Saudi dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan seluruh jamaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan baik dengan mendapatkan bimbingan, pelayanan, serta perlindungan secara memadai,” kata Nur Kholis.

Pemantauan dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan bersama-sama panitia dengan harapan agar para auditor sebagai pemantau dapat mengetahui kondisi riil di lapangan serta dapat memberikan saran perbaikan secara langsung.

“Metode pengawasan dengan terlibat langsung dalam proses bisnis dan ikut mendampingi dalam prosesnya dirasa lebih efektif untuk melakukan koreksi dan perbaikan,” ungkapnya.

Irjen baru ini pun memberikan pesan kepada seluruh tim bahwa pelaksanaan pemantauan harus memasuki wilayah yang belum banyak tersentuh oleh pihak pemantau yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), atau pengawas-pengawas lainnya.

Hasil pemantauan itjen harus dapat menjadi bahan masukan bagi pimpinan dan melengkapi daripada hasil-hasil pemantauan pihak lain agar lebih komprehensif. (Usb)

LEAVE A REPLY