Hallomuslim.com – Kavita Rezi merintis usaha busana wanita berbahan batik yang terkesan etnik dengan nama Kavi Indonesia sejak tahun 2008. Meskipun berkonsep etnik, namun modelnya tetap chic dan stylish di kalangan anak muda yang mengenakannya. Ia membuat desain batik yang modelnya bisa dikenakan saat santai dengan bahan batik cap khas Jawa Barat yang full color sehingga terkesan eye catching. Kisaran harganya sekitar Rp 300 – 450 ribu/pcs.

Tren busana muslimah ala Hijabers yang bergaya modern dan modis juga diikuti oleh Kavita. “Kalau dulu busana muslimah didominasi model abaya aplikasi penuh mute, sekarang model busana muslimah yang banyak diminati justru simple namun modern dan stylish,” ujar Kavita yang ingin membuat produk fesyen dari bahan kaus namun tetap mengusung unsur batik.

Salah satu model fesyen andalan Kavi Indonesia antara lain disebut Kavita, yaitu blazer batik waterfall yang bisa dipakai dua sisi (luar dan dalam), serta model Cappi atau biasa disebut jubah Mexico yang memiliki kesan simple. Sedangkan model busana muslimah ala hijabers  yang ditawarkan Kavita antara lain diberi nama Daniesha dengan harga Rp 430 ribu. Model busana muslimah ini berupa dress yang terlihat feminin dengan warna turquoise dan dari batik cap berbahan katun Garuda dan katun Prima. Kombinasi warna putih, hitam, hijau, dan ungu pada corak batik terlihat serasi dengan kesan bertumpuk (berlapis). Model lain disebut Starr seharga Rp 300 ribu  berupa blouse batik berbahan katun Garudan dan Prima dengan corak batik cap warna  pastel orange dan hijau muda yang tampak girly. Yang menjadi ciri khas dari busana muslimah ala hijabers karya Kavita adalah kombinasi corak batik  yang berbeda dalam satu pakaian, dan memberi kesan model tumpuk.

Pemasaran. Semula Kavita memasarkan produk lewat blog Multiply, dan saat ini ia sudah bisa membuka showroom. Kavita juga menjalin kerja sama konsinyasi dengan butik online HijUp.com dan beberapa butik offline seperti Inascarft di Buah Batu, Bandung dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, serta Rumah Batik Wijaya di Kartika Sari Building, Lantai 2 di Dago, Bandung. Namun ia enggan mengungkapkan persentase keuntungan dari kerja sama konsinyasi tersebut.

Ia juga  rutin mengikuti event pameran fashion skala nasional sekelas Indonesia Fashion Week, dan beberapa event pameran berkelas seperti Inacraft, Trademark, Jazzvaganza. Bahkan produknya terpilih sebagai peserta terseleksi pameran busana muslim yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian RI dan Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI).

Saat ini Kavi Indonesia telah menembus pasar Timur Tengah seperti Turki lewat pameran skala internasional di negara tersebut. Yang lebih membanggakan lainnya, Kavi Indonesia dipercaya oleh KBRI Amerika Serikat di Houston, Texas sebagai salah satu peserta Fashion Show dalam acara Lomba Design Batik Amerika Serikat yang dilaksanakan di Houston, Texas, USA, pada bulan Mei 2011

LEAVE A REPLY