Hallomuslim.com

Hallomuslim.com – Menjelang malam tiba, kota yang terkenal dengan simbol apelnya ini semakin menampakkan keelokannya. Dinginya udara juga menambah kemesraan dan kedekatan satu sama lain. Memang pantas jika disebut sebagai kota wisata, sungguh indah. Salah satu lokasi yang ramai didatangi untuk berburu kuliner adalah Alun-alun Kota Batu. Di kawasan ini, beragam kuliner menggiurkan dapat Anda coba. Salah satu menu yang bisa mewarnai santap malam Anda adalah Lalap Mujair  ala Rumah Makan Pujasera, yang terletak di sisi timur alun alun Kota Batu.

Tak hanya ikan laut saja yang memiliki rasa yang gurih dan nikmat, ikan air tawar juga tak kalah gurihnya, disamping itu ikan air tawar juga memiliki tekstur daging yang lebih kesat dibanding ikan laut. Menurut Handoko, sang pemilik rumah makan, untuk mendapatkan rasa mujair yang gurih, sebelum digoreng ikan mujair direndam selama kurang lebih 2 jam dalam larutan bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, kunyit bakar, ketumbar, garam dan perasan jeruk nipis.

Untuk menghasilkan tekstur yang renyah dan matang merata, ikan mujair digoreng dalam minyak banyak dan panas di atas api besar.  Sebagai pelengkap, seekor Ikan Mujaer Goreng ditemani aneka lalapan segar berupa daun selada, irisan timun dan daun kemang, serta sambal terasi yang disajikan dalam satu piring yang terbuat dari tanah liat.

Bersama kepalan nasi putih hangat dan cocolan sambal terasi, menu sederhana ini pun terasa nikmat membalut lidah. Membuat siapa pun tak ingin berhenti menikmatinya. Anda pun tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Dengan uang sebesar Rp 13 ribu, Anda sudah dapat menikmati satu porsi Lalap Mujair yang gurih, lengkap dengan sepiring nasi putih. Rumah Makan Pujasera  mulai menggelar dagangannya dari pukul 10 pagi sampai pukul 3 dini hari.

Buat Anda pecinta Nasi Goreng, rasanya Anda patut singgah ke Kedai Teratai Jaya yang berada di Jl. Trunojoyo. Kedai yang siap melayani para pelanggan mulai pukul 4 sore sampai pukul 2 dini hari ini, menawarkan menu unggulan berupa Nasi Goreng Teratai Jaya, yang tak akan Anda temukan di tempat lain. Menurut versi para pelanggan setianya, salah satu varian Nasi Goreng Komplit ini memiliki racikan bumbu yang begitu merasuk hingga ke sela butiran nasi.

Ciri utama yang terlihat saat sepiring Nasi Goreng Teratai Jaya yang tersaji di hadapan adalah penggunaan bahan tambahan yang melimpah, dan membuat rasanya kian mewah. Sebut saja potongan udang, cumi, bakso, sosis, dan ayam, serta pelengkap sayuran berupa irisan wortel dan sawi putih.

Tampilan sepiring Nasi Goreng Teratai Jaya ini semakin semarak dengan tambahan telor dadar sebagai topping dan hiasan berupa daun selada, irisan tomat dan timur yang nampak memenuhi salah satu sisi piring. Rasa gurih yang tersaji kian nampol karena adanya tambahan campuran saus ikan. Harga yang dipatok cukup terjangkau, yakni Rp 10 ribu saja per porsinya.

Jika Anda hanya ingin bersantai sambil menikmati malam di alun alun Kota Batu, Anda bisa duduk santai di Pos Ketan. Warung kaki lima satu ini berada di pojok Timur-Selatan Alun-Alun Batu. Seperti namanya, Pos Ketan hanya menyediakan menu berupa ketan sebagai camilan dan beberapa jenis minuman hangat dan dingin. Tapi kebanyakkan pelanggan yang datang menikmati sepiring Ketan Kukus, sambil ditemani segelas Susu Hangat.

Menu Ketan Kukus juga menjadi salah satu kudapan khas Kota Batu yang cukup legendaris. Masyarakat setempat biasa menyebutnya Ketan Bubuk. Untuk membuat menu tersebut, beras ketan putih terlebih dahulu direndam minimal selama 3 jam. Agar lebih mudah empuk dan tidak menghasilkan bulit yang masih ngeletis (tidak matang. Red). Beras ketan selanjutnya dikukus hingga setengah matang, lalu disiram dengan air dingin dan dikukus kembali hingga matang.

Saat disajikan, secentong Ketan Kukus yang masih mengepul itu ditaburi dengan bubuk kedelai dan kelapa parut. Meski secara tampilan kudapan satu ini tergolong ndeso, namun cita rasa yang dihadirkan begitu gurih dan mampu mengusir rasa lapar di perut. Karena saat dikukus disiram dengan air dingin, tekstur ketan pun jadi terasa lebih kenyal. 

Di Pos Ketan, Anda bahkan akan menemukan varian Ketan Kukus yang unik. Karena tambahan aneka topping yang tergolong modern. Seperti Ketan Keju, Ketan Meses Ceres dan Ketan Susu. Yang jelas, dicampur dengan apapun rasa Ketan Kukus tetap nikmat untuk teman santai. Apalagi jika ditambah dengan guyuran susu segar yang membasuh tenggorokkan. Hmm.. terasa lebih legit di lidah.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin ngobrol sampai pagi di Pos Ketan, karena kedai ini buka 24 jam non-stop. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi Ketan Kukus aneka varian ini juga cukup murah, yakni Rp 5 ribu. (dyt)

LEAVE A REPLY