Istimewa

Hallomuslim.com – Kain hitam penutup Ka'bah atau yang sering disebut dengan kiswah ini sekarang terdapat tanda baru berupa tulisan kaligrafi berlafadkan Allahu Akbar.

Hal ini merupakan pertama kalinya, tulisan kaligrafi tersebut berfungsi sebagai tanda khusus untuk memudahkan jamaah dalam melakukan ibadah Tawaf.

Selama ini, jemaah kerap kebingungan menentukan berapa kali mereka bertawaf mengelilingi Kabah. Ini lantaran tidak ada tanda khusus dari mana mereka memulai tawaf sekali putaran.

Tanda tersebut dipasang di salah satu sudut Kabah. Tanda kaligrafi tersebut dirajut dengan menggunakan benang berbahan emas yang disepuh dan disusun bertumpuk.

Selain untuk menentukan bilangan tawaf, tanda ini juga berfungsi sebagai penunjuk arah bagi para jemaah. Dengan begitu, jemaah tidak perlu lagi merasa bingung menentukan lokasi awal dan akhir putaran tawaf.

Sebelum ada tanda baru tersebut, jamaah menggunakan tanda yang terpajang di lantai berupa gambar lingkaran dengan bintang di tengahnya. Tetapi, tanda ini dihapus selama proyek perluasan Masjidil Haram berjalan.

Selain itu, terdapat pula jemaah yang menggunakan garis didekat Hajar Aswad untuk memulai putaran tawaf. Garis tersebut dihapus lantaran menimbulkan kemacetan arus jemaah saat menjalankan tawaf.

LEAVE A REPLY