Istimewa

Hallomuslim.com – Imigrasi Kelas II Sukabumi, Jawa Barat memburu penyalur tenaga kerja asing asal China yang beroperasi secara ilegal dengan mempekerjakan di pabrik bata di daerah itu. Sedangkan tiga tenaga kerja asing asal China sudah dilakukan penahanan.

“Tiga tenaga kerja asing asal China itu sudah ditahan di ruang detensi Kantor Imigrasi Sukabumi. Dari kasus ini kita memburu dua warga negara asing asal China sebagai penyalurnya bekerja pabrik bata di Kampung Cipicung, Desa/Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi,” kata Kepala Imigrasi Sukabumi, Filianto Akbar seperti dilansir Antara, Kamis (5/1).

Menurut dia ketiga tenaga kerja asing ilegal yang ditahan itu, sudah bekerja selama enam bulan di pabrik bata itu. Mereka berada pada posisi sebagai teknisi mesin.

“Mereka ditangkap karena visa yang digunakannya bukan untuk bekerja, tetapi kunjungan,” jelasnya.

Posisi kerja tenaga kerja asal China itu, cukup ditangani pekerja lokal karena menerapkan teknologi tergolong rendah. Ketiga pekerja ilegal itu, Mingjie Chen (44), Hui Lin (41) dan Jingui Lin (40).

Ia menjelaskan, ketiganya masuk ke Indonesia melalui PT Harapan Teknik dan Satya Graha Nusantara. Meski visa kunjungannya masih berlaku hingga akhir Januari dan Februari, namun mereka tetap menyalahi aturan tentang keimigrasian Indonesia.

“Pabrik bata milik investor China tersebut sudah tidak lagi beroperasi selama satu bulan terakhir karena kontraknya sudah habis,” tegasnya.

“Ketiganya kami jerat dengan Pasal 122 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian dengan ancaman hukuman pejara selama lima tahun dan denda Rp 500 juta,” tandasnya.

LEAVE A REPLY