Foto : Siti Addawiyah

Hallomuslim.com – Pada peringatan malam puncak Haul Ke – 7 KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) yang diadakan di kediaman Gusdur Jalan Warung Silah Nomor 10, Ciganjur Jakarta Selatan pada, Jum’at (23/12) berlangsung sangat khidmat.

Pada peringatan Haul tersebut turut hadir pula presiden Joko Widodo (Jokowi), ditengah acara Jokowi mengungkapkan rasa kagumnya pada sosok guru bangsa KH Abdurrahman Wahid. Di hadapan ribuan hadirin, ia juga mengaku masih terngiang dengan pemberian hadiah peci yang biasa dipakai Gus Dur.

Peci yang terbuat dari kulit rotan tersebut diberikan langsung oleh Nyai Shinta Nuriyah Rahman Wahid pada Kamis, 26 September 2013 dalam sebuah acara di The Wahid Institute, Menteng, Jakarta.

 “Pada haul ke-7 Gus Dur, pemberian peci itu menjadi pengingat saya, pengingat-ingat bagi kita semuanya, untuk selalu berusaha meneladani Gus Dur,” katanya.

Teladan tersebut, rinci Jokowi, meliluti ketulusan Gus Dur dalam menjaga silaturahim yang melampaui sekat-sekat primordial, kesederhanaannya, keikhlasannya melayani masyarakat, dan pengorbanannya untuk bangsa dan negara.

Jokowi membeberkan, pagi tadi ada yang berbisik agar peci tersebut dipakai pada malam puncak haul Gus Dur. Namun karena sedang disimpan di Solo dan tak memungkinkan mengambilnya dalam waktu singkat, maka ia tak memakainya malam ini. “Insyaallah tahun depan saya pakai,” ujar Jokowi disambut tawa hadirin.

Hadir dalam kesempatan itu mantan wakil presiden Boediono, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Tito Karnavian, Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Habib Umar Muthohar, Habib Ja’far Alkaff, para pemuka dari lintas agama, dan para seniman. (sdw/hlm)

LEAVE A REPLY