Hallomuslim.com –  Teh merupakan salah satu minuman yang paling umum digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.  Jika warna teh yang sering kita jumpai berwarna hitam dan hijau, namun di Inggris ada jenis teh yang memiliki warna biru. Warnanya yang cantik membuat teh tersebut di juluki magical tea.

Saat ini trend warna biru teh ini sedang jadi perbincangan hangat di sosial media. Adalah bunga telang yang dijadikan  sebagai bahan utama untuk membuat ramuan minuman sejenis teh. Dengan segi warnanya, seduhan air dari teh ini juga memiliki warna biru cenderung keunguan.

Secara alami bunga telang ini tidak memiliki rasa alias tawar, biasanya untuk menambah nikmat, teh biru  biasa ditambah lemon dan sereh. Teh bunga telang ini bisa disajikan dalam keadaan dingin atau pun panas. Namun campuran dari rasa lemon dan serehnya membuat teh biru ini lebih pas disajikan dalam keadaan dingin.

Dilansir She Knows, teh bunga telang memiliki rasa yang ringan namun kaya, cenderung manis, dan memiliki aroma bunga yang kuat. Semakin banyak campuran bunganya, semakin pekat warna biru yang dihasilkan. Jika ditambahkan beberapa tetes air lemon, teh akan berubah warna menjadi ungu.

Teh biru biasanya dibuat dari campuran daun teh dan mahkota bunga berwarna biru. Teh ini biasanya disebut anchan atau blue chai. Dilansir Bon Appetit, biasanya warna biru didapatkan dari Clitoria ternatea atau dikenal juga dengan nama Asian pigeonwings, blubellvine, dan butterfly pea. Nama latinnya terinspirasi dari klitoris wanita yang mirip dengan bentuk

Khasiat Teh Telang

Tak hanya cantik dipandang, teh bunga telang ini juga memiliki banyak khasiat. Teh bunga ini kaya akan antioksidan. Sejumlah penelitian menemukan bukti bahwa teh ini berkhasiat untuk mencegah glikasi yang bisa menyebabkan penuaan dini, anti inflamasi, mengatasi kelelahan, meningkatkan vitalitas, dan meringankan rasa sakit.

Selain itu, Teh bunga telang juga bisa mengobati sakit tenggorokan dan panas dalam. Tambahan sereh dan lemon juga memberikan efek baik untuk mengurangi gejala flu dan juga bisa menghangatkan badan.

LEAVE A REPLY