Istimewa

Hallomuslim.com – Papua Nugini diguncang Gempa dengan kekuatan 7,8 Skala Richter (SR), Sabtu (17/12) pukul 17.51 WIB. Pusat gempa tersebut diperkirakan berada di 4,61 garis lintang selatan dan 153,41 bujur timur pada kedalaman 117 kilometer di Laut. Badan peringatan Tsunami, Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) mengabarkan, Bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi Tsunami Besar hingga kebibir pantai, dampak dari gempa tersebut hanya  menyebabkan Tsunami lokal di sekitar pusat gempa, yaitu di Rabaul, Papua Nugini. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia juga mengeluarkan peringatan yang sama. Berdasarkan hasil pemodelan tsunami dan analisis BMKG, gempa bumi tersebut menimbulkan ancaman tsunami lokal di sekitar pusat gempa. "Namun, tidak berdampak hingga wilayah Indonesia," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, Sabtu (17/12).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengimbau supaya masyarakat di kawasan pesisir pantai Indonesia tetap tenang. "Masyarakat disekitar Papua dihimbau tetap tenang, Indonesia aman," ujar Sutopo.  

LEAVE A REPLY