Produk Citra Handycraft

Hallomuslim.com – Kreativitas membuat gift dari kain perca merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Hal itu dirasakan oleh Tri Retno Mahanani atau disapa Retno sejak ia memulai usaha membuat produk kerajinan rumah tangga di tahun 2004.

Ciri khas produk juga dibuat agar konsumen mengenali brand produknya, yang membuat kombinasi antara beberapa jenis kain termasuk kain perca dan bordir. Seperti apa kelebihan produk gift-nya?

Dari hobi menjahit, Retno tertarik membuat produk kerajinan rumah tangga setelah melihat tas dari kain perca yang dibawa temannya saat acara pengajian di lingkungan rumah dan menarik perhatiannya. Ia pun mencoba membuat produk tas, dompet, taplak meja, dan lainnya dari bahan kain perca.

Pada awalnya usaha ini tidak diniatkan Retno untuk menjadi industri rumahan. Ia hanya ingin mengisi waktu di sela-sela kesibukannya mengurus rumah tangga dan menambah pendapatan suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

Dengan modal  awal Rp 5 juta, Retno membeli bahan baku seperti kain katun lembaran, kain perca (sisa-sisa potongan kain) serta bahan-bahan  pelengkap seperti resleting, kancing, dan lainnya.

Pada saat itu ia mengkreasikan kain katun sebagai bahan utama dengan tambahan kain flanel dan kain perca menjadi berbagai produk seperti taplak meja, tas kain, tas kosmetik, dan lain-lain. Hasil kreasinya kemudian dijual ke tetangganya dan teman-teman satu pengajian untuk kebutuhan gift pada acara pernikahan dan ulang tahun.

Setelah melihat respon yang baik dari penjualan produknya, Retno  pun mencoba memperluas usaha yang diberi nama Citra Handicraft Blacu ini. Dari semula hanya dua karyawan yang bertugas menjahit dan membordir, Retno kemudian merekrut lima orang karyawan lagi dari lingkungan rumahnya di Sawangan, Depok Jawa Barat dan membeli mesin jahit, mesin pemotong, dan mesin obras dengan modal tambahan sekitar Rp 18 juta, dan mesin-mesin tersebut dibeli secara bertahap.

Produk. Dari awal usaha Retno membuat produk gift dari perca yang digunakan untuk perlengkapan rumah tangga. Seperti tudung saji, tutup galon, tempat tisu mobil, tas body bag/selempang, taplak meja, tutup kulkas, gordyn, tempat plastik, tempat kosmetik dan sebagainya. Produk gift dari perca yang terbaru dibuat Retno ialah tas kosmetik dan tas seminar.

Menurut Retno, harga jual produk gift dari perca dibandingkan gift dari kain biasa  justru bisa lebih mahal karena kreasi membuat produk dari perca memiliki nilai seni, sedangkan pada kain biasa hanya dijahit membentuk sebuah produk.

Harga jual gift dari kain perca kreasi Retno mulai dari harga Rp 35 ribu sampai Rp 175 ribu. Seperti tempat kosmetik Rp 35 ribu/pcs, tempat tisu mobil Rp 45 ribu/pcs, tas body bag Rp 85 ribu/pcs, taplak meja Rp 75 ribu/pcs, tatakan gelas Rp 60 ribu setengah lusin, tutup galon Rp 75 ribu/pcs, tutup kulkas Rp 90 ribu/pcs, tudung saji Rp. 125 ribu/pcs, gordyn Rp. 175 ribu/pcs dengan ukuran 150×2 m.

Saat ini produk yang paling laku dan sedang tren diminati konsumennya adalah tas body bag dan tas kosmetik motif bunga dan lingkungan hidup. Biasanya untuk pemesanan event-event di perkantoran swasta atau instansi pemerintah.

Retno juga melayani pemesanan gift untuk event-event tertentu seperti menjelang hari lebaran dan hari natal ia juga kebanjiran order untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

LEAVE A REPLY