Foto : Ilustrasi

Hallomuslim.comĀ – Dalam berbisnis di industri kulit yang perlu diperhatikan antara lain kekreatifan kita dalam mengeluarkan model dan yang utama adalah menjaga kualitas produk tersebut dengan memperhatikan kulit yang digunakan, kulit asli bukan kulit imitasi. Cara membedakan kulit asli dan imitasi antara lain dengan :

Melihat permukaan kulit

Genuine leather (kulit asli) umumnya permukaannya tidak rata, pori-porinya lebih tidak beraturan dan tidak konsisten karena natural sehingga sering ditemui ada beberapa bagian yang halus dan ada juga bagian yang berkerut.

Untuk mengambil bagian yang halusnya saja tentu saja akan membutuhkan berlembar-lembar kulit, karena pasti akan ditemui bagian yang berkerut di setiap lembaran bahan baku kulit. Sedangkan kulit imitasi/ sintetik semua permukaannya cenderung sama atau rata dengan tekstur yang konsisten.

Apabila terasa sangat halus, kemungkinan besar bahan tersebut adalah vinyl. Karena kulit asli biasanya agak terasa kasar dengan keberadaan pori-pori tempat tumbuhnya bulu. Yang paling halus adalah kulit domba. Tetapi tingkat kehalusannya tidak seperti imitasi, kulit domba bisa dibilang halus tapi halus yang khas.

Mencium Aroma

Kulit sintetis biasanya akan berbau obat kimia polimer. Sedangkan kulit asli akan berbau seperti bahan penyamaknya. Apabila menggunakan bahan penyamak Chrom, maka baunya akan seperti bahan Chrom. Begitupun dengan kulit samak nabati, baunya akan terasa seperti bahan penyamaknya tersebut tergantung bahan nabati yang dipakai.

Dibakar

Cara untuk membedakan kulit asli atau imitasi yang paling efektif salah satunya dengan cara dibakar. Kulit imitasi ketika didekatkan api akan mudah terbakar dan menyisakan bau plastik karena pada umumnya terbuat dari bahan plastik dan hasil akhirnya berupa gumpalan-gumpalan lengket seperti plastik yang dibakar. Sedangkan kulit asli tidak mudah terbakar dan menghasilkan aroma khas makhluk hidup.

Harga

Langkah membedakan lainnya adalah dari segi harga, kulit sintetik cenderung lebih murah karena terbuat dari bahan plastik dan kain sedangkan kulit asli cenderung lebih mahal tentu saja karena bahan baku yang terbatas dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkannya.

 

LEAVE A REPLY