Istimewa

Hallomuslim.com – Indonesia akan melakukan partai final leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, malam hari ini. Untuk pertandingan kedua berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, 17 Desember 2016.

Seluruh Masyarakat Indonesia menaruh harapan penuh pada team squad Asuhan Alfred Riedl. Dalam laga piala AFF, Indonesia tercatat sudah masuk empat kali dalam partai final, namun semuanya kandas menjadi juara pada tiap babak akhir. Semoga untuk yang kelima kalinya Boaz CS bisa mengakhiri pertandingan dengan hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan kita semua.

Persiapan minim dan baru saja lepas dari sanksi FIFA menjadi alasannya team Indonesia tidak diunggulkan dalam hajatan dua tahunan ini, namun Alfred Riedl dan team asuhannya tetap optimis akan menyelesaikan partai final AFF dengan baik.

seperti yang diketahui, pada awal di babak penyisihan Indonesia takluk 4-2 atas Thailand. Tentu saja ini permulaan yang buruk. Bermodalkan semangat juang tinggi Boaz Solossa dkk akhirnya bisa melewati ujian Filipina, Singapura dan Vietnam.

Mantan pemain tim nasional, Kurniawan Dwi Yulianto menilai peluang kedua tim sama-sama besar karena memakai sistem home and away. Kemenangan menjadi harga mati agar langkah Indonesia semakin ringan. Thailand memang monster di Asia Tenggara. Anak asuh Kiatisuk Senamuang merupakan musuh bebuyutan Indonesia. Dua kali di final piala yang sama (2000 dan 2002) Indonesia selalu kalah.

"Kita harus memanfaatkan main di kandang untuk bisa menang dan tidak kebobolan agar di leg kedua nanti kepercayaan diri skuat semakin bertambah, Thailand adalah tim terkuat di Asia Tenggara, Thailand tim solid, tapi tetap ada celahnya. Yang paling penting bermain 'lapar' di setiap pertandingan, minimal bisa dipertahankan dan habiskan di dua pertandingan terakhir ini," pesannya.

Ketua Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI), Valentino Simanjuntak optimistis pasukan Garuda bisa mengukir sejarah. Apalagi jika melihat trend permainan yang terus meningkat. "Ini bagus. Sudah lima kali ke final Ini momen untuk juara. Peluangnya memang 50-50," kata Valentino.

Mengenai strategi, Valentino yakin Riedl sudah mempunyai jurus maut meredam Teerasil Dangda dkk. Tidak hanya Teerasil Dangda, 11 Pemain Thailand juga patut di waspadai melihat permainan mereka begitu baik sepanjang pertandingan AFF. (usb/dyt)

LEAVE A REPLY