Istimewa

Hallomuslim.com – Pada penghujung tahun 2016 ini pemerintah Indonesia kembali merilis pecahan uang baru Tahun Emisi (TE) 2016, setidaknya ada 11 pecahan uang baru yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Dari 11 pecahan uang baru tersebut, 7 merupakan pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam.

Adapun untuk uang kertas terdiri dari pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Sedangkan untuk pecahan uang rupiah dalam bentuk logam terdiri atas pecahan Rp1.000, Rp 500, Rp200, Rp100. 

11 pecahan uang baru tersebut resmi diluncurkan hari ini, Senin 19 Desember 2016 pada pukul 09.00 di gedung Bank Indonesia Jakarta. Peluncuran uang baru tersebut juga bertepatan dengan hari bela negara dan secara langsung diresmikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo

"Hari ini bertepatan dengan hari bela negara, kita akan menyaksikan pengeluaran dan pengedaran uang rupiah emisi 2016," kata Gubernur BI, Agus Martowardojo.

Agus menuturkan pengeluaran dan pengedaran uang baru ini merupakan momentum spesial karena dilakukan secara serentak sejak Indonesia merdeka. "Ini sangat spesial karena peluncuran dilakukan serentak," tuturnya.

Dia mengaku bersyukur karena pengeluaran uang rupiah emisi 2016 ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Sekadar informasi, uang baru yang diedarkan BI ini menampilkan menampilkan 12 gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama di bagian depan.

Pencantuman gambar pahlawan tersebut merupakan bentuk penghargaan atas jasa yang telah diberikan bagi negara dan bentuk semangat kepahlawanan serta nilai-nilai patriotisme para pahlawan nasional yang diharapkan dapat menjadi teladan, khususnya bagi generasi muda.

Berikut adalah 12 orang pahlawan nasional yang diabadikan sebagai gambar muka pada uang NKRI :

1. Dr Ir Soekarno (Proklamator kemerdekaan RI, Presiden Pertama RI)

2. Drs Mohammad Hatta (Proklamator kemerdekaan RI, Wakil Presiden Pertama RI)

3. Ir H Djuanda Kartawidjaja (Pengukuh kedaulatan Indonesia)

4. Letjen TNI TB Simatupang (Pelindung kemerdekaan Indonesia)

5. Dr Tjipto Mangunkusumo (Pendiri Tiga Serangkai)

6. Prof Dr Ir Herman Johannes (Pelindung paripurna Indonesia)

7. Mohammad Hoesni Thamrin (Perintis revolusi kemerdekaan Indonesia)

8. Tjut Meutia (Pejuang kemerdekaan Indonesia dari era kolonial Belanda)

9. Mr I Gusti Ketut Pudja (Tokoh penentu NKRI)

10.Dr GSSJ Ratulangi (Gubernur pertama Sulawesi)

11. Frans Kaisiepo (Pahlawan kemerdekaan Indonesia)

12. Dr KH Idham Chalid (Guru besar Nahdatul Ulama)

 

LEAVE A REPLY