Foto : Ilustrasi orang menangis

Hallomuslim.com – Seseorang yang mudah menangis kerap diejek dengan sebutan cengeng, bahkan dituduh tidak tegar menghadapi kenyataan hidup. Padahal menangis bukan hal yang buruk lho. Malah ada banyak keuntungan yang diperoleh apabila Anda bisa mengeluarkan emosi dengan air mata bercucuran.

Asal jangan sering-sering, sebenarnya menangis memberi manfaat kesehatan bagi tubuh kok. Dilansir laman Mag for Women, berikut ini beberapa alasan positif menjadi orang cengeng yang mudah menangis ;

Detoksifikasi toksin

Saat Anda menangis dan mengeluarkan air mata, maka racun atau toksin dalam tubuh pun bisa dikeluarkan. Toksin apabila tak keluar akan mengendap dan memicu berbagai penyakit. Dalam hal ini adalah toksin yang berada di bagian mata.

Menjadikanmu lebih tegar

Diakui atau tidak, saat menghadapi masalah dan Anda menangis akibat sedih maka efek setelah itu akan berubah. Anda bisa berubah lebih tegar dan kuat menghadapinya, serta dada terasa lebih lapang dan pasrah. Jantung pun akan menjadi lebih kuat setelahnya.

Santai dan rileks

Menangis dapat membuang stres dan kesempitan dalam dada, karena saat seseorang menangis maka tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini membantu mengurangi stres dan rasa sakit dalam hati, membuat Anda lebih rileks dan santai.

Cegah sakit jantung

Orang yang tak bisa melepaskan emosinya dengan menangis, cenderung akan memendam perasaan dalam hati. Semakin banyak masalah maka semakin banyak yang ia simpan dan pendam, sehingga menyebabkan stres. Stres adalah pemicu sakit jantung dan berbagai penyakit lainnya.

Melepaskan emosi dan sakit hati dengan menangis bukan sesuatu yang hina. Jadi jika sudah tak tahan, lepaskan saja semua dengan air mata.

LEAVE A REPLY