Hallomuslim.com – Kiswah Kakbah bagian bawah setinggi tiga meter resmi diangkat oleh pihak berwenang, Jumat (19/07/2019). Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi musim ibadah haji 1440H/2019M.

Presidensi Umum Dua Masjid Suci, Ahmad bin Muhammad Al-Mansouri mengatakan pihaknya akan mengganti Kiswah tersebut dengan gulungan kain putih. Gulungan itu selanjutnya akan dilepas kembali setelah musim haji selesai.

Pihak berwenang menjelaskan bahwa langkah itu untuk menjaga kebersihan, keamanan, gangguan dan kerusakan kain Kiswa seperti robek dan untuk mencegah beberapa peziarah yang ingin memotong sebagian kain Kiswah untuk dijadikan keberkahan.

Prosedur ini dilakukan setiap tahun sebelum musim haji untuk melindungi Kiswah. Karena beberapa jemaah menyentuh dan menarik kain hitam ketika mereka mengelilingi Kakbah, ujarnya seperti dilansir dari publikasiArab News,Jumat (19/7/2019).

Ia menambahkan, sebanyak 50 teknisi dan spesialis turut mengawasi proses pengangkatan Kiswah ini. Apa yang dilakukan beberapa jamaah haji terhadap Kiswah berasal dari kepercayaan yang salah, itulah sebabnya kain hitam diangkat dan diganti dengan tekstil putih selama haji, jelasnya

Pengangkatan Kiswah Kabah setiap musim haji sudah dilakukan sejak awal Islam, dan sebelum penyebaran komunikasi dan media. Banyaknya Jemaah yang melaksanakan rukun Islam kelima itu dikhawatirkan merusak kain penutup Kabah.

Tirai dinaikkan setiap tahun di pertengahan bulan Dzulqadah hingga pertengahan bulan Muharram, di mana proses pencucian Kakbah berlangsung. Patut dicatat bahwa Kakbah mengenakan pakaian barunya pada hari berdiri di Arafah setiap tahun, dalam apa yang dikenal sebagai hari raya.

LEAVE A REPLY